Ekspor Suzuki Naik 37% dan Wholesales Tumbuh 51%

  • Share

PT Suzuki Indonesia Sales (SIS) berhasil mengekspor mobil utuh dan mobil terurai pada Januari-Augustus 2021, secara total naik 37% dari tahun lalu. Mobil utuh yg diekspor adalah Suzuki Karimun Wagon R, Suzuki New Carry, Suzuki All New Ertiga, dan Suzuki XL7.

banner 325x300

Ekspor Mobil Suzuki pada January-Augustus hampir mencapai 40.000 unit, naik jika dibanding dengan tahun 2020, yang hanya sekitar 29.000 unit.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan “Kami mengekspor empat mobil utuh, yaitu Suzuki Karimun Wagon R,  Suzuki New Carry, Suzuki XL7, dan Suzuki Ertiga. Selain itu kami juga mengekspor mobil terurai yang saat ini mencapai 13.000 unit, naik 168% dari tahun 2020, sekitar 5.000.

Ekspor mobil utuh Suzuki tertinggi adalah Suzuki Karim Wagon R, yakni 12.500 unit, urutan kedua Suzuki XL7 mencapai 19.309 unit. Urutan ketiga diraih Suzuki New Carry sebesar 9.898 unit, Dan urutan keempat Suzuki Ertiga mencapai 4.450 unit.

Negara tujuan ekspor Suzuki meliputi Pakistan, Vietnan, Filipina, Thailand, dan Mexico. “Kami tidak hanya mengekspor ke wilayah Asia Tenggara, tapi juga ke Amerika Latin,” tambah  Donny.

Menurut Donny, “Naiknya ekspor mobil Suzuki disebabkan, kondisi  pasar dan penerimaan produk Suzuki di luar negeri juga semakin bagus. Jadi ekspor kami mengalami  peningkatan tahun ini, dibanding tahun lalu. Kami berecana menambah ekspor ke negara-negara di Timur Tengah.”

Sedangkan penjualan Suzuki di dalam negeri (wholesales) Januari-Augustus 2021 mencapai 58.370 unit, dari tahun 2020 yang hanya 38.656 unit. Penjualan Suzuki di pasar domestik dipimpin oleh Suzuki New Carry pikup, menyumbang sebesar 57% , terhadap penjualan domestik Suzuki.

Menurut Suksma Dewi, Asst to 4W Dept Head PT SIS, “Di pendemi ini bisnis harus tetap berjalan. Jika diperhatikan Carry membantu pergerakan roda bisnis Suzuki di Indinesia”

Sedangka  untuk mobil penumpang, menurut Dewi penjualan terbesar disumbang oleh SUV Suzuki XL7, dengan kontribusi sebesar 16%. . Urutan ketiga penjualan domestik ditempati oleh Suzuki Ertiga, SUV yang telah dirakit di Indonesia, penjualannya mencapai 13% dari total penjualan Suzuki.

Suzuki Karimun Wagon R moncer di pasar ekspor, namun penjualan di dalam negeri mengalami penurunan tajam. “Di masa pendemi ini kami menjual Suzuki Karimun Wagon R secara fleet, yaitu dijual ke perusahaan-perusahaan,” jelas Donny.

Penjualan Suzuki di masa pandemi tidak maksimal, namun Suzuki memasang target 13% market share. Selama pandemi  Suzuki menggalakkan penjualan secara daring, menawarkan program penjualan yang nenarik, dan berusaha memuaskan pelanggan.

Usaha Suzuki dalam memuaskan pelanggan, salah satunya dengan melalukan recall pada 21 mobil Jimmy transisi otomatis, produksi Mei-Juni 2021. Hal ini dikarenan mobil berpotensi mengalami masalah perembesan oli. Selain melakukan recall campaign, Suzuki juga melakukan service campaign pada Mobil Jimmy.

banner 325x300
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia