TMMIN Melakukan Pemulihan Masyarakat Melalui Vaksinasi dan Bantuan Sosial

  • Share

Optimisme pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal kedua yang mencatatkan angka 7% sejalan dengan harapan akan membaiknya situasi pandemi yang ditandai dengan penurunan jumlah kasus aktif di dalam negeri. Meski demikian, tantangan pandemi serta dampaknya masih terasa bagi masyarakat Indonesia di berbagai wilayah tidak terkecuali di Karawang yang merupakan salah satu kawasan industri penopang ekonomi nasional.

banner 325x300

Penanganan COVID-19 membutuhkan kerjasama yang erat antara berbagai pihak. Untuk kegiatan vaksinasi kerjasama ini juga mendukung Pemerintah dalam menggiatkan Program Percepatan Vaksinasi Nasional ke berbagai lapisan masyarakat untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) & memutus penyebaran COVID-19.

Setelah sebelumnya berkolaborasi dengan Polres Jakarta Utara dan Kodim Karawang, kegiatan vaksinasi dan donasi sembako diperluas untuk menjangkau masyarakat di tiga titik yang tersebar di wilayah sekitar pusat kawasan Industri yaitu Teluk Jambe, Klari, dan Tempuran yang bekerjasama dengan Polres Karawang dan APINDO Karawang.

“Dapat tumbuh dan berkembang di tengah keluarga Indonesia hingga lebih dari 50 tahun merupakan suatu kepercayaan yang tak ternilai bagi kami. Sejak pandemi melanda, melalui ragkaian aktivitas CSR kami berupaya menjaga konsistensi dalam mendukung program yang bertujuan memutus rantai COVID-19. Kegiatan vaksinasi ini ditujukan untuk mendukung Pemerintah menghindari terjadinya kluster penyebaran virus COVID-19 di lingkungan industri. Semoga bantuan vaksinasi dan donasi sembako memberikan harapan positif serta menyebarkan semangat kebersamaan di Karawang sebagai salah satu kawasan penggerak industri terbesar yang berkontribusi bagi pemulihan ekonomi Indonesia,” ujar Bob Azam – Direktur Corporate Affairs PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Hingga saat ini, Toyota Indonesia mendukung sebanyak 80.000 dosis vaksinasi gratis bagi masyarakat yang telah dilaksanakan sejak pertengahan 2021.

Pada kegiatan vaksinasi gratis di Mapolsek Klari, Aisyah Indriana, salah seorang warga penerima vaksin menyatakan rasa terima kasihnya kepada pihak Toyota Indonesia, serta Pemkab, Polres, dan APINDO Karawang atas upaya bersamanya melaksanakan kegiatan tersebut bagi masyarakat Karawang.

Pendapat senada juga diungkapkan Rumiah, lansia berusia 62 tahun yang sempat berdialog dengan Wakil Bupati dan Kapolres Karawang. Dia merasa bersyukur bisa menikmati fasilitas vaksinasi gratis di Mapolsek Klari yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Bersama Mendukung Pemulihan Dari COVID-19

Sesuai dengan semangat kerjasama dalam menghadapi pandemi COVID-19, sebelumnya kami berkolaborasi bersama Pemerintah Pusat dan Daerah, institusi kesehatan seperti Palang Merah Indonesia (PMI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), institusi pendidikan seperti Universitas Indonesia, Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta, dan Pondok Pesantren, serta rantai pasok untuk melaksanakan donasi sosial, alat kesehatan, dan alat pelindung diri.

Melalui kerjasama tersebut, telah disalurkan 100 Tabung Oksigen (6m3), 17 unit Kijang Innova ambulance, lebih dari 150.000 APD yang terdiri dari baju hazmat, pelindung wajah, serta masker, 9.000 paket sembako, serta 300 paket kebutuhan untuk menjaga kebersihan yang sangat krusial dalam mengurangi penyebaran COVID-19

Rencananya, bantuan ini akan terus bertambah kedepannya untuk bisa mendukung meringankan beban pemerintah dan masyarakat selama pandemi.

KSC Sarana Berbagi Informasi & Pengetahuan Akan COVID-19

Penanganan Pandemi COVID-19 memerlukan peran aktif dan kesadaran tinggi masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Agar masyarakat menjadi lebih peduli untuk mencegah penularan virus mulai dari diri sendiri hingga lingkungan sekitar.

Kampung Siaga COVID-19 (KSC) harapannya menjadi sarana pusat informasi untuk meningkatkan pendidikan masyarakat mengenai pengetahuan dan pemahaman COVID-19.

Dalam Program KSC ini, karyawan TMMIN difasilitasi untuk menjadi agen perubahan yang mendorong pengembangan dan kemandirian masyarakat dalam mengorganisir seluruh sumber daya untuk melawan pandemi COVID-19.

Sejak September 2020 sampai saat ini telah berdiri 100 Kampung Siaga COVID-19 (KSC) yang tersebar di wilayah Karawang, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Depok. Dalam rangka mendukung kemandirian KSC, disediakan berbagai sarana dan prasarana seperti alat cuci tangan portable, thermogun, masker, serta pelatihan edukasi rutin terkait protokol COVID19. Kami juga berusaha mendukung kegiatan vaksinasi bagi masyarakat di bawah KSC. Saat ini komunitas dari 3 KSC telah mengikuti program vaksinasi di bawah naungan kami.

banner 325x300
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia