Produk Ban Hankook Buat Truk dan Bus Menghadapi Medan Yang Menantang

  • Share

Fungsi ban adalah untuk bisa menopang beban dan kendaraan untuk bermobilitas. Ban pada truk dan bus, dibuat besar untuk menyesuaikan kapasitas dan dimensi besar kendaraan sehingga memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan aman.

banner 325x300

Meski demikian saat dibawa berkendara, bus atau truk tidak dapat secara bebas melewati jalanan berlubang dan bergelombang begitu saja, apalagi jika dibawa dengan muatan berlebih atau kecepatan tinggi, tanpa adanya persiapan dan perhitungan yang matang.

“Pengemudi bus dan truk jika tidak berhati-hati dan tetap memaksakan dengan gaya mengemudi layaknya di jalanan halus, dapat menghantam jalanan yang bergelombang dan berlubang yang dapat menyebabkan pecah ban hingga hingga berakibat fatal seperti menyebabkan kecelakaan. Hal ini akan menjadi lebih buruk jika kendaraan sedang membawa muatan berlebih dengan tekanan angin yang kurang,” kata Ahmad Juweni National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia.

Untuk mendukung mobilitas kendaraan komersial besar, Hankook telah menyiapkan berbagai produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengendara atau fleet customer, diantaranya AH31 dan AH30 untuk jalanan regional dan on road. Sementara AM81 untuk jalanan mixed service dan on/off road serta DM04 untuk jalanan off road.

Produk-produk Hankook sebagian besar telah dilengkapi dengan teknologi dan desain terkini, yang menghasilkan fitur keausan yang merata. Inovasi tersebut dapat menyesuaikan kondisi dan dinamika kendaraan serta kondisi jalanan terhadap ban, sehingga daya cengkram ban tetap optimal secara merata.

Pengemudi diwajibkan untuk selalu memeriksa kondisi ban sebelum menggunakan kendaraan. Tidak hanya tekanan angin, pastikan juga tinggi kembang ban masih layak digunakan dan tidak gundul. Pastikan tidak ada batu-batu yang menancap di telapak ban ataupun di antara ban ganda.

“Dengan pemilihan ban yang sesuai dengan kondisi operasional, melakukan pengecekan ban sebelum melakukan perjalanan dan berhati-hati selama perjalanan akan mengurangi risiko kerusakan ban, kendaraan maupun muatannya. Keselamatan dan kenyamanan pun akan didapatkan”, ungkap Ahmad.

banner 325x300
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia